Social Icons

Blogger Widgets

Pages

Minggu, 15 Juni 2014

Jihad





Menurut Ibnu Mandzur jihad adalah : Wajahadal adduwwu mujahadatan, artinya qotalahu ( memeranginya ) dan berjihad dijalan Allah Azza wa jallah. Sebagai mana yang disebutkan dalam hadits, “ Tidak ada hijroh setelah fathu makkah,  tinggallah jihad dan niat. “
Al-jihad disini artinya memerangi musuh, yaitu berusaha sekuat tenaga mencurahkan segala potensi dan kemampuan berupa kata-kata maupun tindakan.
Sedangkan yang dimaksud niat adalah mengikhlaskan amal karena Allah, artinya tidak ada hijroh lagi setelah penaklukan kota mekkah, sebab sekarang kota itu telah berubah menjadi Negara islam.
Sedangkan makna jihad adalah berusaha keras menghancurkan segala kemampuan dalam rangka perang, bisa juga melalui lisan ataupun apa saja yang ia mampu.
Arti jihad menurut syar’i adalah memerangi orang-orang kafir dalam rangka meninggikan kalimat Allah dan bahu membahu dalam mengerjakannya.
Sebagaimana yang ditafsirkan oleh Rasulullah SAW pada sebuah riwayat dari imam ahmad dalam musnadnya dari amru bin abasah ia berkata “ seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah, wahai Rasulullah apakah islam itu ? beliau bersabda, hatimu pasrah kepada Allah dan kaum muslimin selamat dari gangguan lidah dan tanganmu. Ia berkata lagi, bagaimanakah islam yang paling sempurna ? beliau bersabda, iman. Ia berkata lagi, iman bagaimanakah yang paling utama ? beliau bersabda, engkau beriman kepada Allah, malaikat, kitab-kitab dan para rasul dan hari kebangkitan setelah kematian. Ia berkata, hijroh bagaimanakah yang paling utama ? beliau bersabda, jihad. Ia berkata, apakah jihad itu ? beliau bersabda, engkau perangi orang-orang kafir jika engkau bertemu dengan mereka. Ia berkata, jihad yang bagaimanakah yang paling utama ? beliau bersabda, siapa saja yang kuda baiknya terluka dan darahnya tertumpah. “
Dan untuk zaman sekarang, apakah masih penting kita berjihad ? sedangkan sebagian dari kita sudah nafsi-nafsi ( masing-masing ), dan islam hanya dijadikan sebuah symbol tanpa harus memenuhi jalannya islam yang sesungguhnya. Menurut pandangan saya, jihad yang susah adalah jihad terhadap diri kita sendiri. Karna terkadang kita malah lalai dalam islam, dan islam hanya menjadi objek untuk ambisi kita sendiri. Kita terkadang dalam hal apapun membawa-bawa nama islam, sedangkan kita bukanlah seorang islam sejati.
By : http://biarkanakutetapbermimpi.blogspot.com

1 komentar:

Terimakasih atas kunjungan dan komentar agan, semoga semua isi biarkan aku tetap bermimpi bisa bermanfaat.

Translate

Music Live

SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free
 
Blogger Templates