Social Icons

Blogger Widgets

Pages

Minggu, 15 Juni 2014

Setia



Pada umumnya kata setia adalah kesungguh-sungguhan dalam menjalankan sesuatu, seperti setia pada negara, setia pada pekerjaan dan setia terhadap Tuhan. Akan tetapi pada kali ini kita akan membahas masalah setia pada pasangan lawan jenis yang disebut pacar, karna pada hakekatnya sebuah hubungan hanyalah mencari kesetiaan, dan kejujuran. Seperti halnya yang telah dikatakan oleh seorang teman kita setelah kami lontarkan beberapa pertanyaan, dan jawabannya adalah : Kesetiaan itu memang penting dan harus tercipta, karna dasar dari sebuah komitmen itu adalah kejujuran dan kesetiaan, sama seperti Habibie dan Ainun yang selalu setia dalam suka maupun duka sampaiakhir hayat.
Akan tetapi jika kita lihat dari garis besarnya, kesetiaan itu tidaklah mudah untuk diperaktekkannya. Karna kesetiaan harus selalu terhubung dengan yang namanya kejujuran. Sedangkan pada era global kali ini kejujuran itu sangatlah susah, karna jujur pada diri sendiripun tak mampu terujudkan. Dan jika ada mungkin semua itu hanyalah satu atau dua dari sebagiaan banyak orang yang ada di dunia ini, terkadang jika kesetiaan harus tercipta belum tentu kejujuran mesti ada dan ujung-ujungnya pasti kata selingkuh ditemukannya.
Pernah kami amati sebuah cerita dimana sicowok mampu setia tanpa harus adanya kejujuran, dan sicewek tidak pernah ada kata setia dan juga kejujuran. Hal itu dijalani selama satu tahun lamanya hingga akhirnya mereka harus berpisah, nah sedemikiaan itu tentu kita dapat mengertikannya bukan berarti mencari tahu siapa yang salah dan siapa yang benar. Akan tetapi kita pasti mampu menilai seberapa tinggi kejujuran dibandingkan kesetiaan, oleh sebab itu pengamatan dari kami adalah jika kita mampu jujur pada diri kita sendiri maka kita pasti bisa jujur pada seseorang dan jika kita sudah mampu untuk jujur pasti kita akan setia. Jadi bagaimana jika kita mengiginkan pasangan kita yang setia, pilihlah seseorang yang jujur pada diri sendirinya. Misalnya dengan sebuah prinsipnya ataupun kepribadiaannya, namun prinsip itu masih banyak subjek dan objeknya jadi kita harus tahu pasangan yang akan kita jadikan pacar itu seperti apa prinsipnya.
Sering kita mendengar atau bahkan telah berulang-ulang kali kita merayakan dengan pasangan kita atau pacar kita, yang disebut valenten day yang bahasa indonesianya hari kasih sayang. Namun valenten day ini juga kata yang umum karna di valenten day itu tidak hanya terhadap pasangan, tapi juga terhadap ibu dan bapak kita. Maksud dari semua valenten day itu adalah menyayangi orang-orang yang disayangi oleh kita,namun terkadang dikalangan remaja kali ini disalah artikan bahwa valenten day hanya pada sebuah pasangan dan tidak terhadap ibu dan bapaknya. Tujuaan dari valenten day adalah menciptakan sebuah kesetiaan yang seharusnya kita tanam dalam benak dan hati kita, karna jika kita sudah tertanam kesetiaan pasti yang menjadi bungkus dasarnya adalah sebuah kejujuran. Jadi valenten day itu menuntut kita untuk jujur dan setia, dan bukan hanya terhadap pasangan akan tetapi pada ibu dan bapak dan terlebih pada diri sendiri dan Tuhan.
Namun yang sering kali kita temui kesetiaan dan kejujuran telah musnah dibenak dan hati mereka adalah, sudah tak ada rasa kecocokan, perhatiaan dan waktu yang seharusnya mereka berduaan. Biasanya hal ini banyak dikatakan dengan tidak menghargai satu sama lain, karna kesetiaan itu bukan hanya karna besar kecilnya sebuah pengorbanan akan tetapi juga dituntut untuk menghargai perasaannya. Dan dari sinilah kita tentu dapat memahami akan susahnya setia pada sebuah pasangan ataupun jujur pada diri sendiri, jadi tak heran lagi jika kita disuatu ketika bertemu dengan beberapa kaum remaja cowok ataupun cewek yang menceritakan seberapa banyak cowok ataupun cewek yang telah berhubungan atau pacaran sama mereka. Karna sebuah hubungan juga dituntut untuk saling mengerti satu sama lain, sehingga lambat laun akan tercipta sebuah kesetiaan dan kejujuran.
Kata setia memang tak mudah kita temui ataupun kita jalani, karna bagi kami setia adalah sesuatu tiada akan ada. Makanya banyak yang mengatakan dari golongan fakultas-fakultas pelajar khususnya diindonesia, bahwa cowok play boy dan cewek play girl akan mampu setia bila kita mampu untuk memberikan yang terbaik dan mengarahkan mereka ke yang baik. Dan anehnya sekarang mereka-mereka lebih suka dekat ke cowok pay boy atau play girl ketimbang cowok atau cewek yang hanya menikmati patah hati. Karna bagi mereka play boy dan play girl telah banyak koleksinya atau banyak menjalani hubungan dengan yang satu dan yang satunya, oleh sebab itu manusi biasanya mengenal kata lelah dan jika sudah mengenal kata lelah biasanya kata play boy atau play girl akan berubah menjadi setia. Jika diamati dari hal diatas kata setia sungguh tambah rumit dan mungkin sangat membingungkan, namun jangan sampai kita putus asa dengan semua ini atau bahkan yang telah terjadi pada diri kita sendiri. Dan kita pun berfikir dan bertanya pada diri kita sendiri tentang semua ini, masih adakah kesetiaan dan kejujuran itu ?
Kesetiaan memang sulit untuk diperaktekkan dan dilihat dengan kasap mata, seperti halnya cinta yang memiliki beribu-ribu makna. Sedangkan menurut orang-orang hongkong cinta itu adalah dengan cara melakukan hubungan seksual, memang cinta itu sulit dibedakan antara nafsu dan cinta. Sedangkan kesetiaan adalah erat sekali hubungannya dengan kejujuran, tanpa kejujuran kesetiaan takkan pernah tercipta. Sebagaimana yang telah kami jelaskan diatas, bahwa kesetiaan bersumber dari kejujuran. Kesetiaan adalah setia pada diri sendiri tanpa harus menyia-nyiakan waktu, karna dengan begitu kesetiaan akan tetap hidup didalam benak kita ataupun dihati kita. Dan kejujuran juga  penting karna kejujuran adalah dasar dari sebuah kesetiaan, jujur pada diri sendiri tanpa harus meluangkan kebohongan menyelinap disetiap langkah kita. Jadi kesetiaan adalah sebuah kejujuran yang terlatih terlebih dahulu pada diri kita sendiri, dan tak memperdulikan imbal balasannya karna semua itu keuntungannya pada diri kita sendiri. Kejujuran dan kesetiaan adalah sangat berharga bagi kita sendiri, dan semua itu tidak bisa ditukar oleh apapun karna hal itu merupakan sebuah prinsip yang gemilang bagi kita dan hidup kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentar agan, semoga semua isi biarkan aku tetap bermimpi bisa bermanfaat.

Translate

Music Live

SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free
 
Blogger Templates